Selasa, 03 April 2012

Contoh Kasus Break Even Point


PT. PROMEX membuat  dan  menjual  dua jenis produk yaitu Kosimil dan Lusimol. Total biaya tetap untuk kedua jenis produk tersebut Rp. 60.000,00. Harga  jual, biaya  variabel, dan laba kontribusi per unit serta rasio masing-masing produk adalah :

                                Produk Kosimil           Produk Lusimol
Harga Jual                Rp. 12,00     100%       Rp. 8,00    100%
Biaya Variabel          Rp.  6,00      50%         Rp. 6,00     75%
Laba Kontribusi        Rp.  6,00      50%         Rp. 2,00     25%

1. Jika komposisi penjualan produk K dan L dalam unit masing-masing
   1 : 1 atau  dalam  rupiah 3 : 2, hitunglah penjualan  pada titik
   impas dengan teknik :
   a.  Rasio LK rata-rata
   b. LK rata-rata per unit
2. Jika  total penjualan yang direncanakan untuk kedua jenis produk
   tersebut  sebesar 20.000 unit, dan  komposisi penjualan produk K
   dan  L  dalam unit masing-masing 1 : 1 atau  dalam  rupiah 3 : 2,
   hitunglah besarnya laba yang direncanakan

Penyelesaian :

1. Menghitung penjualan pada titik impas dengan komposisi produk K
   dan L dalam unit 1 : 1 atau dalam rupiah 3 : 2.

a.  Teknik CM ratio rata-rata

                         a + i
   BEP (Rp) =  -----------------------------
               Rasio Laba  Kontr. Rata-rata

               Rp. 60.000 + 0
          =  --------------------------    = Rp. 150.000,00
             (50% X 3) + (25% X 2)
             --------------------------
                    3 + 2
 Titik impas tercapai pada penjualan sebesar Rp. 150.000,00. Produk
 K dan produk L dengan komposisi 3 : 2, maka produk K sebesar = 3/5
 (Rp. 150.000) = Rp. 90.000,00  dan  produk  L  sebanyak  Rp. = 2/5
 (Rp. 150.000) = Rp. 60.000,00.

b.  Teknik Laba Kontribusi Rata-rata per unit

                          a + i
 BEP (Unit)  =  --------------------------------
                 Laba  Kontr. Rata-rata per unit

                     Rp. 60.000 + 0
             =   -------------------------------
                (Rp. 6,00 X 1) + (Rp. 2,00 X 1)
                --------------------------------
                     1      +          1

                      Rp. 60.000
            =   --------------------        =  15.000 unit
                         4
 Titik impas tercapai pada penjualan sebanyak 15.000 unit, produk
 K dan produk L  dengan  komposisi 1 : 1, maka  penjualan  produk
 K  =  1/2 (15.000 ) = 7.500 unit, dan  produk L = 1/2 (15.000) =
 7.500 unit.
 Bukti :
                   Produk K            Produk L            Total
                  7.500 unit          7.500 unit         15.000 unit
                     Jumlah      %      Jumlah       %     Jumlah      %

 Penjualan        Rp. 90.000    100   Rp. 60.000   100  Rp. 150.000  100
 Biaya Variabel       45.000     50       45.000    75       90.000   60
                 -------------------------------------------------------
 Laba Kontribusi      45.000     50       15.000    25       60.000   40

 Biaya Tetap                                                 60.000
                                                                     --------
 Laba Bersih                                                     0


2. Jika  total  penjualan 20.000 unit  dengan  komposisi penjualan
   produk k dan L masing-masing dalam unit 1 : 1 atau dalam rupiah
   3 : 2, maka besarnya laba adalah :
                 Produk K             Produk L           Total
                10.000 unit         10.000 unit        20.000 unit
                 Jumlah       %     Jumlah       %     Jumlah        %

Penjualan       Rp. 120.000   100  Rp. 80.000    100  Rp. 200.000   100
Biaya Variabel       60.000    50      60.000     75      120.000    60
                --------------------------------------------------------
Laba Kontribusi      60.000    50      20.000     25      80.000     40

Biaya Tetap                                               60.000
                                                                ---------
Laba Bersih                                               20.000

   Dampak Perubahan Komposisi Penjualan terhadap hubungan CPV Perusahaan  yang  menjual  lebih dari satu macam produk seringkali mempunyai kesempatan untuk  menaikkan laba kontribusi dan menurunkan titik impas dengan cara memperbaiki komposisi penjualan, yaitu menaikkan proporsi penjualan  produk  yang menghasilkan rasio laba kontribusi (contribution margin ratio) yang tinggi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar