Persaingan dunia kerja di era globalisasi ini semakin ketat.
Persaingan tidak hanya dengan sumber daya manusia setempat, namun juga bersaing
dengan sumber daya manusia dari luar negeri. Dengan kondisi ini, gelar
pendidikan tidak lagi menjadi hal utama, melainkan kebutuhan akan keterampilan
yang beragam dari tiap-tiap orang. Setiap yang ingin maju dalam karir dan
pekerjaan, mesti selalu memiliki semangat untuk senantiasa melakukan
pengembangan diri dan memupuk mental pribadi positif.
Tidak hanya membutuhkan pendidikan dan gelar saja namaun kecakapan, ketrampilan dan kepribadian lebih menentukan kesuksesan seseorang dalam kerja. Setidaknya anda bisa membentuk dan mengembangkan beberapa keterampilan pribadi berikut yang membantu anda dalam meraih sukses karir.
Bahasa -> Keterampilan ini sudah menjadi keterampilan wajib sejak lama di dunia kerja. Memiliki kemampuan bahasa yang lebih seperti bahasa inggris, china, jerman dan prancis akan menjadi nilai lebih yang menjadi pertimbangan perusahaan yang anda lamar. Sehingga dengan memiliki kemampuan komunikasi di dalam banyak bahasa akan membuat suatu komunikasi yang baik yaitu dua arah antara kita dengan orang lain dan akan terhindar dari salah komunikasi.
Kepemimpinan -> Ada orang yang memang dilahirkan dengan karakter sebagai pemimpin dan ada yang dibebankan kepadanya tugas kepemimpinan sehingga ia berlatih menjadi pemimpin. Kepemimpinan perlu dipelajari, dilatih dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk menimba pengalaman sebagai pemimpin. Seseorang yang memiliki keterampilan kepemimpinan tentu akan lebih mudah menapaki karir menuju jenjang yang lebih tinggi. Selain itu, keterampilan kepemimipinan juga dibutuhkan di setiap tempat kerja untuk menjalankan bisnisnya.
Tidak hanya membutuhkan pendidikan dan gelar saja namaun kecakapan, ketrampilan dan kepribadian lebih menentukan kesuksesan seseorang dalam kerja. Setidaknya anda bisa membentuk dan mengembangkan beberapa keterampilan pribadi berikut yang membantu anda dalam meraih sukses karir.
Bahasa -> Keterampilan ini sudah menjadi keterampilan wajib sejak lama di dunia kerja. Memiliki kemampuan bahasa yang lebih seperti bahasa inggris, china, jerman dan prancis akan menjadi nilai lebih yang menjadi pertimbangan perusahaan yang anda lamar. Sehingga dengan memiliki kemampuan komunikasi di dalam banyak bahasa akan membuat suatu komunikasi yang baik yaitu dua arah antara kita dengan orang lain dan akan terhindar dari salah komunikasi.
Kepemimpinan -> Ada orang yang memang dilahirkan dengan karakter sebagai pemimpin dan ada yang dibebankan kepadanya tugas kepemimpinan sehingga ia berlatih menjadi pemimpin. Kepemimpinan perlu dipelajari, dilatih dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk menimba pengalaman sebagai pemimpin. Seseorang yang memiliki keterampilan kepemimpinan tentu akan lebih mudah menapaki karir menuju jenjang yang lebih tinggi. Selain itu, keterampilan kepemimipinan juga dibutuhkan di setiap tempat kerja untuk menjalankan bisnisnya.
Komunikasi -> Sukses tidaknya karir dan kerja seseorang juga
dipengaruhi oleh kemampuan komunikasinya. Dengan kemampuan komunikasi yang
baik, kita akan lebih mudah bekerjasama, memiliki hubungan interpersonal yang
baik, mendapatkan relasi dan menangani konflik dan tantangan di dunia kerja.
Yang termasuk kemampuan komunikasi adalah mampu menegahi konflik, menghadapi
masalah atau menciptakan suasana kerja yang nyaman sehinggga dapat meningkatkan
produktivitas, yang tentunya menguntungkan perusahaan.
Mengelola Sumber Daya Manusia -> Kemampuan ini diperlukan di setiap tempat kerja untuk mengatur dan mengelola setiap sumber daya manusia baik karyawan maupun direksi sehingga dapat bekerja dengan maksimal, menjaga hubungan interpersonal serta menjadi jembatan antara struktur bawah dan atas. Tak heran jika sekarang banyak ditemukan berbagai jenjang pelatihan sumber daya manusia.
Keterampilan Komputer -> Keterampilan ini juga menjadi keterampilan wajib di tempat kerja sekarang ini, karena komputerisasi juga menjadi tolak ukur kemajuan sebuah perusahaan. Anda dapat mengikuti berbagi pelatihan komputer sesuai kebutuhan dan spesialisasi anda, bisa komputer perkantoran, akuntansi, grafis atau pemrograman komputer. Sehingga hal ini akan menjadi daya pikat anda bagi perusahaan yang anda lamar.
Mengelola Sumber Daya Manusia -> Kemampuan ini diperlukan di setiap tempat kerja untuk mengatur dan mengelola setiap sumber daya manusia baik karyawan maupun direksi sehingga dapat bekerja dengan maksimal, menjaga hubungan interpersonal serta menjadi jembatan antara struktur bawah dan atas. Tak heran jika sekarang banyak ditemukan berbagai jenjang pelatihan sumber daya manusia.
Keterampilan Komputer -> Keterampilan ini juga menjadi keterampilan wajib di tempat kerja sekarang ini, karena komputerisasi juga menjadi tolak ukur kemajuan sebuah perusahaan. Anda dapat mengikuti berbagi pelatihan komputer sesuai kebutuhan dan spesialisasi anda, bisa komputer perkantoran, akuntansi, grafis atau pemrograman komputer. Sehingga hal ini akan menjadi daya pikat anda bagi perusahaan yang anda lamar.
Tentunya setiap
keterampilan yang kita miliki harus disesuaikan dengan pekerjaan yang
diinginkan atau yang sedang dijalani. Semakin banyak keterampilan pribadi yang
dikuasai untuk satu pekerjaan, semakin besar kemungkinan berkarir dalam
pekerjaan tersebut. Mari kita kembangkan keterampilan pribadi kita
masing-masing, agar kita memiliki pesona dan daya pikat bagi perusahaan.
Beberapa hal yang
menjadi pertimbangan kebanyakan orang dalam memilih pekerjaan, antara lain
karena alasan penghasilan, jaminan, faktor sosial, status, kesempatan
berkembang, tantangan, dan kesesuaian dengan kapabilitas (minat, bakat, dan
pendidikan). Pilihan manapun yang ada putuskan, memerlukan persiapan untuk
menembusnya. Faktor komunikasi yang baik menjadi yang utama dalam aspek skill
selain aspek knowledge
dan personal qualities
yang harus dimiliki untuk menembus dunia kerja.
Sementara Ahmad Gimmy
Prathama menyampaikan bahwa aspek personal dasar dalam bekerja adalah bagaimana
kita bisa semaksimal mungkin mencitrakan diri kepada orang lain. Dengan
memanfaatkan keunikan diri untuk bisa berbeda dan menonjol sehingga kita
disadari kehadirannya. “Kita adalah seorang penyampai pesan “The messenger”,
jadi tunjukkan brand
atau merek kita kepada orang lain. Tampilkan hal itu dalam perilaku kita
sehari-hari,” tuturnya.
Sebuah survei mengatakan
bahwa kemampuan komunikasi, kejujuran dan kemampuan interpersonal menempati
urutan tiga teratas dalam kualitas penting seorang bisa menjadi juara dan
indeks prestasi berada di urutan bawah. Semua hal tersebut diatas bisa sangat
menentukan dalam setiap tahapan, termasuk dalam interview atau wawancara kerja. Setiap
perusahaan selalu berharap mendapatkan orang terbaik dari proses rekrutmen.
“Mereka berharap
memperoleh karyawan yang “Cantik” yaitu singkatan dari cakap, antusias, niat
yang baik, tekun, inovatif dan kerjasama,” jelas Jenny. (eh)*
Tidak ada komentar:
Posting Komentar